INFORMATIKA BAB 3

 Saat ini TIK telah merambah di banyak aspek kehidupan manusia. Teknologi 

ini menghasilkan banyak sekali perkakas yang membantu pekerjaan kita 

sehari-hari. Bab ini akan berisi materi tentang perkakas pada TIK seperti: 

Aplikasi Perkantoran, Peramban, Surel, Search Engine dan penggunaan File 

explorer untuk mengelola folder dan ile.

Teknologi berkembang dengan cepat, melahirkan banyak perangkat keras 

dan perangkat lunak yang baru. Alat elektronik dan peranti TIK menjadi 

makin murah, dan ini mendorong pengguna untuk berganti-ganti karena 

selain lebih murah, performansi peranti juga menjadi makin baik. 

Manusia melakukan interaksi dengan perangkat melalui berbagai cara. 

Kita menggunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan perangkat 

televisi, mesin cuci, atau pendingin ruangan, yang bisa diwakili dengan alat 

pengendali jarak jauh (remote control). Teknologi saat ini mampu menangani 

interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci 

(keyboard), sentuhan ke antarmuka grais yang biasa disebut Graphical 

User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk 

perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan 

sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI. 

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon 

dan elemen grais sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan. 

GUI menjadi populer karena lebih intuitif, mudah digunakan dan dipelajari 

daripada model interaksi Command Line Interface (CLI) yang memerlukan 

perintah yang harus ditik. Dengan CLI, jika pengguna tidak tahu perintahnya 

atau salah tik, perintah tidak dapat dimengerti oleh komputer. Dengan GUI, 

pengguna tinggal memilih perintah yang disediakan



Tujuan pembelajaran materi ini ialah agar kalian mengenali pola dari 

interaksi dengan perangkat sehingga apabila harus berganti-ganti, kalian 

tidak bingung dan dapat cepat beradaptasi. Kalian diajak mengenal apa yang 

disebut GUI agar dapat berinteraksi dengan perangkat keras, melalui gambar 

atau ikon yang mewakili “objek” yang dikelola dan ditampilkan oleh sistem 

operasi. Objek-objek ditampilkan dalam bentuk ikon, yaitu simbol atau 

gambar tertentu yang mewakili suatu ile, aplikasi atau layanan.

Aktivitas Individu

TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grais

Apakah kalian tahu bahwa banyak jenis ponsel, berbeda 

merk, dan berbeda sistem operasinya? Namun, walaupun berbeda merk, berbeda sistem operasi, dan sedikit



berbeda antarmukanya, semua ponsel memiliki fungsi 

yang sama. Hal ini bisa dianalogikan dengan alat lain, 

seperti mobil, televisi, atau alat elektronik berbagai 

merk, yang sebetulnya memiliki fungsi yang sama, 

hanya tampilannya yang sedikit berbeda. Pada aktivitas 

ini, kalian berlatih mengenali jenis-jenis objek pada 

antarmuka berbasis grais (GUI).

Apa yang Kalian Perlukan?

• Komputer/ponsel yang telah terpasang sistem operasi.

Apa yang Harus Kalian Lakukan?

• Bukalah aplikasi kalkulator pada komputer/ponsel kalian! 

• Hitunglah ekspresi berikut, sambil mencoba berinteraksi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang hobi

Hari Pahlawan